08 Februari 2009

Ikut Pesta Valentine? No Way


Tahukah Sobat, Pada abad ke 16 Masehi, perayaan Valentine yang semula merupakan ritual milik agama Kristen Katolik telah berangsur-angsur bergeser, yang semula untuk memperingati kematian santo Valentine dan Marius telah bergeser menjadi hari Jamuan Kasih Sayang yang disebut sebagai Supercalis seperti yang dirayakan oleh bangsa Romawi Kuno pada tiap tanggal 15 Pebruari.

Sedangkan pada abad pertengahan di dalam bahasa Perancis-Normandia terdapat kata Galentine yang berasal dari kata Galant yang berarti cinta, persamaan bunyi antara Galentine dan Valentine disinyalir telah memberikan ide kepada orang-orang Eropa bahwa sebaiknya pada tanggal 14 Pebruari digunakan untuk mencari pasangan. Dan kini Valentine telah tersinkretisasi dengan peradaban Barat.

Valentine telah menjadi bentuk pesta hura-hura, simbol modernitas, sekedar simbol cinta, dan sudah mulai bernuansa pergaulan bebas dan seks bebas.
Banyak para muda-mudi yang mengadakan pesta Valentine hanya karena ikut-ikutan supaya tidak dibilang ketinggalan zaman atau tidak gaul, orang yang ikut-ikutan pesta valentine seakan akan telah menyandang predikat sebagai orang yang modern dan maju, padahal dia tidak tahu apa-apa tentang sejarah Valentine dan Valentine itu sendiri, padahal Valentine sendiri bukanlah hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Sobat, kita bisa lihat berbagai “penampakan” rusaknya budaya di berbagai belahan dunia. Tentu saja Barat adalah yang paling diuntungkan dengan hiruk-pikuk pesta Valentine, karena di dalam pesta valentine orang didukung untuk hura-hura, mencari cinta sesaat dan instan, seks bebas, galmour yang semuanya itu mengarah ke peradaban Barat. Salah satunya seperti yang ditulis kantor berita Reuter, seorang pakar kesehatan di Inggris yaitu Direktur kesehatan British Heart Foundation Prof. Charles Goerge menganjurkan untuk melakukan seks di hari Valentine.

Naudzubillahimindzaalika

Sobat, Bukankah untuk menunjukkan rasa sayang kita terhadap teman, kekasih ataupun keluarga kita tak perlu menunggu datangnya tanggal 14 Februari, kita bisa menunjukkannya setiap hari. Kita juga tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli coklat, bunga dan pernak-pernik lainnya untuk menunjukkan rasa sayang kita, cukup dengan perhatian yang tulus.

Dari sudut pandang ke-Islam-an, ternyata Valentine adalah sebuah perayaan yang harus dijauhi oleh para muda-mudi dan anak-anak muslim dan muslimah, dan sebaiknya para orang tua memberikan informasi kepada anak-anaknya bahwa Valentine bertentangan dengan nilai-nilai ke-Islam-an, memang bukan merupakan hal yang mudah karena sesungguhnya kita berhadapan dengan arus modernisme yang telah mengglobal dan salah kaprah. Opini tidak ketinggalan zaman dan tidak gaul bila tidak merayakan Valentine adalah salah satu kendalanya, namun dengan cara yang baik dan informasi yang akurat, Insya Allah informasi tersebut akan menjadi nasehat yang akan mudah untuk diikuti dan ditaati.

Sobat, mengikuti sebagian besar kebiasaan manusia di muka bumi yang dengannya sobat akan mendapatkan pujian dan gelar sebagai manusia modern, tidak sobat, bahkan mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Sobat, Islam tak pernah mengajarkan mengenai pesta Valentine, dan juga tak pernah menganjurkan untuk merayakan Valentine Day. Sebaliknya malah dilarang abis. Allah SWT berfirman: “Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).” (QS. Al-An’am [6]: 116)

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa saja yang menyerupai suatu kaum (gaya hidup dan adat istiadatnya), maka mereka termasuk golongan tersebut”. (HR. Abu Daud dan Imam Ahmad dari Ibnu Umar)

Jadi, kalau sampai ada remaja muslim dan muslimah yang ikutan latah merayakan valentine day dengan memberi kado berupa permen, coklat atau kirim e-mail bergambar cupid dan hati, kirim SMS atau MMS yang bernuansa valentine day kepada seseorang yang kamu sukai, apalagi sampai ikut-ikutan pesta valentine day…cepat-cepatlah untuk segera mohon ampunan kepada Allah SWT. Istighfar yang banyak.

Tidak ada komentar: